World Post Day ( Hari Surat menyurat Internasional)

Diposting pada 447 views

Menurut sejarah, seseorang yang pertama kali memanfaatkan merpati sebagai pembawa pesan adalah seorang Sultan Baghdad bernama Nuruddin

 Pada tahun 1146 Ia menggunakan merpati untuk mengirimkan surat di sekitar kerajaannya.

Biasanya, surat atau pesan digulung dan dimasukkan ke dalam kapsul plastik pelindung kemudian diselipkan di antara kaki merpati. Selama periode perang dunia pertama (1914-1918) merpati pos sering digunakan sebagai media komunikasi pasukan Amerika.

Sebelum mengirimkan surat, merpati-merpati harus dilatih terlebih dahulu. Ada tiga hal yang harus dipelajari oleh merpati pos yaitu static, mobile dan boomerang.

Dalam static, merpati akan mempelajari bagaimana mengenali perintah seseorang dalam suatu wilayah kecil. Lalu, dalam mobile, merpati akan dilatih untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Dan, dalam boomerang merpati dilatih untuk mengirimkan dan mengembalikan pesan. Merpati-merpati tersebut dilatih oleh seorang pelatih khusus.

Untuk menjadi merpati pos ternyata memanglah sulit. Selain harus terus-menerus berlatih, makanan merpati juga tidak sembarangan, didalam makanan merpati, harus mengandung campuran kalium karbonat dan minyak ikan. Campuran itu seperti vitamin yang bisa membuat merpati-merpati menjadi kuat dan lebih mudah dilatih.

World Post Day atau Hari Surat Menyurat Internasional diperingati setiap tanggal 9 Oktober. Pertama kali dideklarasikan oleh Kongres Pos Sedunia 1969 di Tokyo sebagai sarana untuk menandai ulang tahun penciptaan Persatuan Pos Sedunia (UPU) pada tahun 1874.Tujuan dari World Post Day adalah untuk membawa kesadaran akan peran pos dalam kehidupan sehari-hari serta kontribusinya terhadap pembangunan sosial dan ekonomi global.

Dulu pada awal sejarah, Sekitar tahun 1600-1800an, menyampaikan pesan atau surat sudah bisa dilakukan melalui jasa pos atau kurir. Dalam proses pengantarannya kurir melakukan perjalanan jauh dengan berjalan kaki atau menunggangi kuda, kemudian surat tersebut disampaikan pada alamat yang dituju. Berbeda halnya dengan sekarang, segalanya sudah diimudahkan dengan adanya transportasi, teknologi yang lebih cepat dan efisien.

Baca Juga:  Menu Andalan Santri: Tahu Berenang?

Hal paling sederhana untuk memperingati Hari Surat Menyurat Internasional atau World Post Day salah satunya adalah dengan mengirimkan surat kepada teman, sahabat pena, ataupun keluarga melalui jasa pos Indonesia.

Oleh : Nada F

Photo by Pixabay from Pexels

Sumber : https://www.tribunnewswiki.com/2019/10/09/hari-ini-dalam-sejarah-9-oktober-hari-surat-menyurat-internasional

https://www.kaskus.co.id/thread/5207a064becb17045600000a/merpati-surat-menyurat-zaman-dahulu/