self love

Dari Self Love Jadi lebih Mengenal Allah Swt.

Diposting pada 555 views

Mengenal keindahan Islam yang mengajarkan kepada kita umat manusia untuk mencintai diri sendiri- self love sebagaimana Allah Swt. mencintai makhluk-Nya sebagai manusia, “The Beauty of Being Muslim”. Kita harus mampu mengenal dan mencintai diri kita sendiri untuk dapat semakin mengenal dan lebih mencintai Sang Pencipta sebagaimana yang terdapat dalam kitab Mukasyafatul Qulub.

Yang mana Imam Ghazali mengatakan hal berikut “Bagi umat muslim mencintai diri sendiri merupakan suatu kewajiban, sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat Allah Swt.”. Namun, pada kenyataannya masih banyak yang belum memahami konsep mencintai diri sendiri yang sesungguhnya. Mencintai diri sendiri merupakan amanah dari Allah Swt.

Baca juga Imam Al Ghazali: Batu Asah Tumpul Yang Selalu Menajamkan Sekitarnya

Mencintai diri sendiri dengan menerima kekurangan yang ada dalam diri kita dan menyukuri kelebihan yang ada pada diri kita yang telah Sang Pencipta berikan. Jadi dengan adanya sebuah konsep mencintai diri sendiri kita tidak akan mengambil keputusan yang dapat merusak apa yang sudah Allah berikan kepada kita, dengan cara kita harus memikirkan secara matang keputusan apa yang akan kita ambil. Dan kita harus menghargai serta menjaga apapun yang sudah Allah amanahkan kepada kita, seperti badan, hati, dan pikiran.

Mencintai diri sendiri juga merupakan bentuk dari cinta kita kepada Allah Swt., logika sederhananya jika kita tidak mencintai diri sendiri kita juga tidak mencintai Allah Swt. yang menciptakan kita. Dalam hadis qudsi yang cukup populer dikalangan ulama sufi  bahwa mencintai diri sendiri berbeda dengan mengagumi diri sendiri. Dalam Islam disebut sebagai ujub. Mencintai diri sendiri itu berasal dari lubuk hati dari jiwa yang paling dalam dengan tulus tanpa pamrih. Sedangkan mengagumi diri sendiri atau ujub itu dapat diartikan dengan sifat yang membanggakan diri sendiri secara berlebihan. Sifat ini termasuk sifat tercela yang merupakan sebuah penyakit hati yang harus dihindari oleh umat Islam. Sebab, ujub dapat memunculkan sifat riya dan sombong.

Baca Juga:  Sejarah Hari Persahabatan Internasional
Baca juga Pengangkatan Umar bin Khattab

Berikut adalah cara agar kita bisa belajar mencintai diri sendiri :

1. Pernyataan positif untuk diri sendiri untuk meningkatkan rasa percaya diri atau afirmasi diri.

2. Berhentilah memberi label negatif pada diri kita. Jangan biarkan nilai atau persepsi negatif menguasai kehidupan kita seperti rasa insecure atau rendah diri yang berlebihan. Jangan sampai kita merusak diri kita dengan perbuatan kita sendiri.

3. Memberi waktu untuk diri sendiri atau me-time dengan melakukan hal positif yang kamu sukai dan membuat kamu bahagia hal tersebut dapat meningkatkan kualitas hubungan dengan diri sendiri dan menciptakan perasaan lebih baik tehadap kehidupan kita.

Baca juga Untukmu Sang Pemilik Rindu

4. Cobalah gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi dan halal. Selain itu, istirahat cukup, tidak mengonsumsi minuman keras, narkoba dan hal-hal lainnya yang telah Allah Swt. larang. Jangan lupa untuk rajin berolahraga agar selalu terjaga kesehatan dan kebahagiaan diri sebagai bentuk cinta terhadap diri sendiri 

5. Menjaga kecantikan batiniah sebagai bentuk rasa cinta kita terhadap diri sendiri. Kita harus menjauhkan diri dari segala pikiran dan perasaan negatif, seperti sombong, bangga diri, iri, dengki, buruk sangka, marah, suka pamer, dan berbagai pikiran serta perasaan negatif lainnya. Menjaga diri dari segala pikiran negatif yang akan merusak diri kita baik lahir maupun batin itulah bentuk rasa cinta kita kepada diri sendiri.

Oleh: Usrotul Laela

Sumber: Kanal Youtube 

Photo by Raychan on Unsplash

Baca Juga:  Tips Silaturahmi Selama Masa Pandemi