interknoneksi kesehatan

Interkoneksi Kesehatan Pikiran dengan Tubuh

Diposting pada 60 views

Kesehatan pikiran dan tubuh sangat berperan penting dalam melakukan aktivitas sehari hari. Sehingga terjadi interkoneksi kesehatan tersebut. Jika kesehatan pikiran terganggu dapat menyebabkan kesehatan tubuh juga terganggu. Begitu pun sebaliknya. Meski tidak selalu begitu, namun yang terjadi umumnya demikian. Karenanya penting bagi kita untuk menjaga kesehatan pikiran yang sering kali kebanyakan orang memandangnya dengan remeh. 

Salah satu alasan kesehatan pikiran memengaruhi kesehatan tubuh adalah  jika pikiran berpikir negatif maka akan mengakibatkan stres dan kekhawatiran yang tidak terkendali yang kemudian berdampak pada kesehatan fisik. Berpikiran negatif yang berlebih juga menimbulkan rasa pusing atau nyeri di kepala.

Baca juga Dibalik Kebisuan yang Penuh Ketenangan

Beberapa cara untuk menyehatkan pikiran di antaranya:

  1. Melakukan meditasi
  2. Melatih pernafasan diafragma
  3. Cobalah untuk tidur 8 jam sehari
  4. Luangkan waktu untuk diri sendiri
  5. Membaca
  6. Berjalan di alam
  7. Bersyukur

Pikiran yang positif menciptakan suasana yang nyaman dan damai sehingga mudah untuk menjalani hari-hari  dengan berbagai aktivitas yang  cukup menguras energi. Berpikir positif juga bisa menumbuhkan motivasi diri yang kemudian mendorong manusia untuk berinovasi dalam menjalani hidup. Tubuh menjaga kesehatan fisik dan kemampuan untuk berfungsi, sedangkan pikiran menampung semangat dan motivasi untuk berfungsi. 

Baca juga Mindset Sederhana Wujudkan Rsolusi 2022

Pikiran seperti perangkat lunak yang menjalankan berbagai perangkat lunak lainnya. Pikiran yang baik atau positif menghasilkan energi positif. Sehingga mari ciptakan energi positif dari diri sendiri untuk diri sendiri dan orang lain. Boleh saja menampung segala masukan dari orang lain, namun bukan berarti orang lain mengendalikan hidup kita dengan komentar dan persepsinya.

Dengan berusaha menjadi diri sendiri dan selalu bersyukur terhadap apa pun yang Tuhan berikan kepada kita dan segala takdir yang telah Tuhan gariskan untuk hidup kita. Karena spiritualitas juga berpengaruh pula terhadap kesehatan pikiran. Karena manusia dengan tingkat kereligiusan yang cukup di atas rata-rata akan mengkaitkan segala hal yang terjadi sekalipun di luar yang diharapkan dengan ketetapan Tuhan sehingga mereka lebih mudah menggali makna bersyukur dalam hidup.

Baca Juga:  Covid-19: Pentingnya Pilah Informasi agar Tak Jadi Ahli Dadakan

Jadi, mari lebih memperhatikan kembali cara berpikir dan pola berpikir kita agar menghasilkan pikiran yang sehat, sehingga tercipta tubuh yang sehat pula.

Salam sehat untuk kita semua dan jangan lupa bersyukur!

Oleh: Silfi Ainunnisa

Sumber

kampuspsikologi.com

disperkimta.bulelengkab.go.id

ampproject.org

m-klikdokter-com

Photo by Dan Meyers on Unsplash