puasa

Puasa Tidur Terus? 

Diposting pada 469 views

Puasa tidur terus? Sebagaimana ceramah Gus Baha dalam salah satu kanal Youtube bahwasanya Allah Swt. berfirman dalam QS. Ar-Rum ayat 23:

وَمِنْ آيَاتِهِ مَنَامُكُم بِاللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَابْتِغَاؤُكُم مِّن فَضْلِهِ إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَاتٍ لِّقَوْمٍ يَسْمَعُونَ

dan di antara tanda-tanda kekuasan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan. 

Jika pekerjaan yang mubah dilakukan itu sama dengan meninggalkan perkara haram maka sesuatu yang hukumnya mubah itu berarti spesial. Seperti jika ada pakar medis mengatakan bahwa ketika kurang istirahat bisa membuat orang meninggal, atau jika kurang istirahat bisa membua orang jantungan berarti tidur itu dapat menjadi obat jantung. Tidur menjadi obat paling ampuh daripada obat yang paling manjur dan paling mahal. Karena jika kita mengkonsumsi obat tersebut akan sama saja jika kita tidak pernah tidur. 

Baca Juga:  Tetap Ngaji Walaupun Ngantuk

Urgensinya tidur adalah perlawanan terhadap maksiat. Tidur adalah perlawanan terhadap keinginan melakukan perbuatan keharaman. Jadi ketika ingin tidur maka berniatlah dengan “Ya Allah saya siap untuk berangan-angan tidak melakukan keharaman lewat tidurku ini” 

Dalam ushul fiqih ada bermacam-macam hukum di antaranya yaitu wajib, haram, makruh, dan mubah. Mubah itu boleh kita lakukan atau boleh kita tinggalkan. Namun, menurut ushul fiqih salah karena setiap kita melakukan mubah berarti saat itu kita meninggalkan sesuatu yang haram. 

Orang tidur itu tidak zina, tidak maling, dan tidak mabuk. Maka, dalam hal ini lebih baik tidur melakukan perkara yang mubah untuk meninggalkan sesuatu yang haram. Jika mubah artinya tarkul haram (meninggalkan keharaman) berarti setiap orang melakukan mubah artinya orang tersebut mendapat pahala. 

Baca Juga:  Puasa Kok Bikin Isrof?

Karena mubah itu tarkul haram maka berdasarkan firman Allah “Kulu wasyrobu wala tusrifu..” menjaga kesehatan adalah hal yang wajib di antara hal menjaga kesehatan adalah makan dan tidur. Jika saya tidak tidur maka sakit. Jika sakit maka akan habis biaya banyak sementara tidur hanya perkara sederhana. Betapa baiknya Allah dengan tidur bisa menjaga kesehatan yang kalau tidak dijaga menghabiskan biaya banyak. 

Oleh: Tsalis Wifqi

Sumber: Kanal Youtube

Photo by Lux Graves on Unsplash