sebab diangkatnya derajat

Sebab Manusia Diangkat Derajatnya Oleh Allah

Diposting pada 2,129 views

“Sebab manusia diangkat derajatnya oleh Allah Swt. salah satunya dengan menyibukkan diri dengan membaca Al-Qur’an dan tidak sempat meminta-minta kepada Allah, maka langsung Allah beri. Dengan pemberian yang paling spesial, afdhol, sempurna, hebat, dan yang paling sukses. Itu untuk orang yang sibuk membaca Al Qur’an dan tidak sempat berdoa yang lainnya”, Gus Qoyyum dalam ceramahnya.

Jika kita melihat huruf ra’ (ر) di Al-Qur’an jumlahnya 12.401, itu yang tidak ada titiknya. Tapi kalau ada titiknya, seperti Za (ذ), dho (ض), qof (ق), titiknya ada 1.025.030. Di antara penyebutan huruf ra’ di Al-Qur’an adalah ra’fiiuddarajat. Orang yang sering membaca Al-Qur’an akan terpenuhi hidupnya, yakni menjadi sebab manusia diangkatnya derajat.

Baca juga Keistimewaan Ayat Kursi

Derajat seseorang terbagi menjadi tiga. Pertama, ada yang naik derajatnya karena dunianya kekurangan. Kedua, ada juga yang naik derajatnya karena Allah memang memberikan dia berbagai macam pangkat. Ketiga, karena orang tersebut Allah Swt. memberikan kekuatan iman dan ilmu. Sehingga Allah mengangkat derajat orang yang beriman, khususnya orang yang berilmu dengan macam-macam derajatnya.

Ada ulama yang bernama Prof. Ahmad Asy-Syarbasi merupakan ulama wanul muslimin yang mempunyai buku yash’alunak fi ad-din wa al-hayat. Prof. Ahmad Asy-Syarbasi menceritakan bahwa Imam Syafi’i mempunyai guru wanita, Nafisah binti Hasan bin Zaid bin Hasan bin Ali bin Abi Thalib.

Nafisah ini adalah seseorang yang buta huruf, namun beliau adalah seorang penghafal Al-Qur’an. Beliau pernah berhaji sebanyak 30 kali. Nafisah sebelum meninggal sudah membuat kuburannya sendiri. Setiap hari Nafisah sholat di kuburan yang ia buat dan membaca Al-Qur’an sampai 6.000 kali khataman. Sampai akhirnya beliau wafat dan dikuburkan di kuburan tersebut. Beliau adalah contoh manusia yang derajatnya tinggi karena iman dan ilmu.

Baca Juga:  Kuliah Umum: Jejaring Keilmuan Pondok Pesantren Krapyak
Baca juga Hari Gunung Internasional

Itulah hal-hal yang dapat menaikkan derajat manusia yang dapat kita kutip dari ceramah Gus Qoyyum dari Rembang. Semoga apa yang beliau sampaikan dapat menambah motivasi kita untuk selalu mengejar ridhonya Allah Swt. Aamiin….

Oleh: Indah Prissyla

Sumber: Kanal Youtube

Photo by Sidik Kurniawan on Unsplash