keistimewaan ayat kursi

Keistimewaan Ayat Kursi

Diposting pada 246 views

Kekhawatiran kita terhadap Tuhan yang tidak sempurna terjawab oleh adanya ayat kursi. Allah, Tuhan Sang Pengatur alam semesta yang Maha Sempurna. Ayat kursi merupakan ayat yang memiliki keistimewaan atau kekuatan. Tentu salah dipahami jika selain ayat kursi berarti tidak spesial atau tidak memiliki kekuatan. Keistimewaannya ayat kursi adalah di dalam ayat kursi menerangkan Allah sendiri. Sementara beberapa ayat lain menerangkan hak-hak sebagai manusia atau yang lainnya.

Ketika kita membaca ayat kursi sebaiknya kita paham pada makna yang terkandung di dalamnya bahwa Allah SWT yang selalu hidup, tidak bergantung pada yang lain, dan berdiri sendiri. Allah tidak pernah mengantuk dan tidur. Semua yang di alam semesta ini milik Allah, yang ada di langit maupun di bumi. Kursi kekuasaan Allah di langit dan bumi, Sang Pengatur alam semesta. 

Baca juga Hari Gunung Internasional

Allah Swt. tidak butuh alam ini ataupun isinya. Semua yang ada di muka bumi ini semuanya untuk manusia. Allah tidak butuh sholat kita ataupun ibadah kita, tetapi kitalah yang butuh pada Allah. sebagai bentuk penghambaan kita diimplementasikan dengan ibadah atau sholat. Kita menyembah atau beribadah kepada Allah harus sesuai dengan syari’at yang telah Allah tetapkan dan ketika mencari ilmu agama harus memiliki sanad keilmuan yang jelas.  

Hanya Allah Swt. yang memiliki otoritas syafaat. Pemberian syafaat atas izin Allah. Allah berkehendak pada seseorang yang bisa memilki ilmu, karena manusia statusnya sebagai makhluk. Sedangkan Allah Swt. adalah Sang Khaliq, Sang Pemberi, dan kita penerima.  

Baca juga Peringatan HAM 2021: Memajukan Hak Asasi Manusia

Jika hati kita selalu terpenuhi dengan mengingat Allah, pasti hatinya akan Allah berikan hati yang cukup dan rezeki akan tercukupi juga. Imam Syafi’i sebelum tidur selalu memuji Allah dan selalu mengingat Allah antara jiwa dan nafasnya, dalam keadaan terjaga ataupun dalam tidurnya hanya untuk mengingat Allah.

Baca Juga:  Tiga Hal Yang Dicari Dalam Kehidupan Manusia

قَلْبِى بِرَحْمَتِكَ اللّهُمَّ ذُوْ ؤُنُسِ فِى السِّرِّ وَالْجَهْرِ وَ اْلإِعْلَان وَالْغَلَسِ # وَمَا تَقَلَّبْتُ فِى النَّوم وَ فِى السِّنَةِ اِلاَّ وذِكْرُكَ بَيْنَ النَّفْسِ وَالنَّفاسِ

Oleh : Nada Fikriyani

Sumber : Channal Youtube Ceramah Gus Baha’ 

Photo by Faseeh Fawaz on Unsplash