Tips Produktif Selama Ramadan dan Pandemi Covid-19

Diposting pada 12 views

Jumlah kasus virus corona seiring bertambahnya hari semakin bertambah banyak, di Indonesia sendiri, kasus yang sudah menyentuh 8.221 (24/4). Untuk itu, pemerintah mengajak masyarakat memaksimalkan ibadah puasa Ramadan di dalam rumah saja.

Tidak sedikit dari kita yang merasa bosan dan jenuh dengan kegiatan yang itu-itu saja selama adanya himbauan untuk di rumah saja. Jangan sampai bulan Ramadan yang sarat akan keutamaannya kita lalui tanpa kegiatan yang tidak bermanfaat.

Berikut adalah beberapa kegiatan yang bisa lakukan selama berpuasa Ramadhan #dirumahaja agar tetap bermanfaat.

  1. Melakukan pola hidup sehat
    Memenuhi kebutuhan nutrisi seimbang selama berpuasa sangatlah penting dengan melakukan pola hidup sehat seperti minum air yang cukup sekitar 8 gelas tiap hari untuk membantu ginjal agar tidak bekerja berlebihan, mengkonsumsi makanan sumber energi yang cukup karbohidrat dan lemak untuk mencegah pemecahan protein otot yang menyebabkan tubuh cepat lemas, juga minum vitamin untuk tetap menjaga imunitas tubuh, dan tetap berolahraga secukupnya meskipun berpuasa.
  2. Shalat fardhu dan shalat sunnah tarawih berjamaah #dirumahaja
    Semenjak diberlakukannya physical distancing, semua kegiatan di luar rumah yang menyebabkan berkumpulnya banyak orang diberi batasan, termasuk kegiatan shalat berjamaah di masjid pun dibatasi. Majelis Ulama Indonesia mengeluarkan fatwa nomor 14 tahun 2020 tentang penyelenggaraan ibadah dalam situasi terjadi wabah Covid-19, yang salah satu isi fatwa adalah mengatur ibadah shalat Jumat dan mengenai ketentuan yang harus dilakukan terhadap jenazah pasien pengidap virus corona. Jadi, meskipun beribadah di rumah, kualitas beribadah juga perlu diperhatikan. Islam adalah agama yang tidak memberatkan bagi pengikutnya, rukshoh (keringanan) dalam syariat agama oleh semua ulama semuanya dibenarkan. Oleh karena itu, mari memanfaatkan momen bulan Ramadan ini untuk tetap memperbanyak bermunajat kepada Allah SWT dan meminta pertolongan untuk terhindar dari marabahaya.
  3. Memperbanyak tadarus Al-Qur’an dan berdzikir
    Sangat disayangkan, jika bulan Ramadan terlewatkan begitu saja tanpa memaksimalkan melakukan hal yang bermanfaat. Meskipun bulan Ramadan kali ini tidak seperti bulan Ramadan yang lalu, Allah telah memberikan kesempatan kita untuk meraih keberkahan bulan Ramadan walaupun dalam masa pandemi. Kesempatan ini tentu tidak boleh kita sia-siakan dengan memperbanyak tadarus Al-Qur’an dan berdzikir diniatkan ikhlas kepada Allah, insyaAllah Allah akan ridha atas doa-doa yang kita panjatkan.
  4. Tetap menjaga tali silaturahim
    Bukan barang yang asing bagi umat manusia yaitu berhubungan sosial dengan manusia yang lainya. Mengingat bulan Ramadan ini kita berada di tengah pandemi yang tidak memungkinkan kita untuk mengadakan kegiatan sahur bersama, buka puasa bersama, ngabuburit, dan hal hal yang menyebabkan kerumunan banyak orang. Nah, kalian bisa memanfaatkan aplikasi konferensi video untuk tetap bersilaturahim dengan kerabat dan teman-teman ditengah pandemi seperti ini. Kalian bisa menggunakan aplikasi Google duo, Google hangout, Zoom Meet, Cisco Webex, dan sebagainya.
  5. Mengikuti kelas online
    Ditengah pandemik virus corona, semua kegiatan yang berkaitan tentang berkumpulnya massa dibatasi, demi mencegah penularan virus secara masif. Berbagai kegiatan pendidikan ataupun thalabul ilmi pun juga ikut merasakan dampaknya. Banyak orang dari seluruh penjuru dunia pun kemudian berinsiatif untuk mengadakan kelas online melalui media sosial yang bisa diakses kapan saja. Kalian bisa mengakses kelas online yang sudah disajikan di internet untuk tetap berthalabul ilmi meskipun dirumah saja. Ngaji online pun banyak dilakukan oleh para ustaz di banyak platform. Untuk mengikuti ngaji online, kita harus tetap memperhtikan dalam memilih ustadz yang mumpuni dan terpecaya khazanah keilmuan-nya. Selain itu, berbagai website perpustakaan dan penyedia jurnal dan buku online kini juga memberikan akses gratis agar kita tetap bisa learning-from-home.
  6. Belajar hal baru
    Masa pandemi ini sangatlah panjang. Berbagai kegiatan diliburkan. Seharusnya kita manfaatkan waktu ini sebaik-baiknya untuk mempelajari banyak hal baru. Kita bisa mulai mendalami keahlian baru dalam masa physical distancing ini, terlebih kita memiliki waktu yang melimpah untuk diri sendiri. Bagi yang ingin belajar masak-memasak, menjahit, belajar editing video, belajar desain, programming, berkebun dengan lahan terbatas, dan lain sebagainya, kita bisa mulai belajar berbagai hal tersebut dengan mencarinya di YouTube atau platform lain. Banyak orang yang sudah membagikan tutorialnya agar digunakan sebagai panduan bagi yang ingin belajar. Betapa produktifnya kita, apabila masa pandemi ini kita lalui dengan belajar hal baru. Paling tidak, ketika Covid-19 telah hengkang, kita memiliki satu keahlian baru yang dapat kita kembangkan dikemudian hari.
Baca Juga:  KITA PEREM[PUAN]

Jadi, jangan sampai kehabisan akal ya untuk mengisi kegiatan Ramadan selama #dirumahaja. Dengan kita mencoba hal baru mungkin bisa menghilangkan kejenuhan dan tentunya tetap produktif. Tetap semangat dan selamat menunaikan Ibadah Puasa.

Oleh: Alifia Dityasari

Gambar oleh nugroho dwi hartawan dari Pixabay