MTPA (Madrasah Tahfidz Putri Anak-Anak)

Madrasah Tahfidz Putri Anak-Anak (MTPA) Al Munawwir Komplek Q merupakan salah satu madrasah di bawah naungan Pondok Pesantren Al Munawwir Komplek Q, selain Madrasah Tahfidz Dewasa dan Madrasah Salafiyah. MTPA ini diperuntukkan bagi anak usia 6,5 – 12 tahun yang memprioritaskan santri menghafal Al-Qur’an dan mukim di pondok. Selain itu, pendidikan DIKDAS menjadi sarana santri untuk menimba ilmu yang lain, sehingga dalam hal ini Komplek Q juga menyelenggarakan pendidikan formal yaitu MI Tahfidz El-Muna Q.

MTPA ini memiliki visi, menjadi madrasah yang Qur’ani, unggul dalam ilmu pengetahuan, teguh dalam iman dan taqwa. Dan misi, 1) Mewujudkan pembelajaran dan pembiasaan dalam mempelajari Al-Qur’an dan mengamalkan isi kandungannya, 2) Mewujudkan pembentukan karakter Qur’ani yang mampu mengaktualisasikan diri dalam masyarakat. Diantara tujuan Madrasah Tahfidz Putri Anak-Anak (MTPA) adalah sebagai berikut:

  1. Mendidik para santri untuk menghafal Al-Qur’an
  2. Mendidik para santri berakhlaqul karimah dan terampil beramal
  3. Membekali santri agar mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi

Beberapa fasilitas yang disediakan meliputi fasilitas asrama (lemari, rak buku, tempat tidur, dll), mushola, perpustakaan, mini market (Q mart), dan alat transportasi sekolah. Untuk kegiatan santri MTPA meliputi kegiatan harian senin-sabtu, kegiatan hari ahad, kegiatan bulanan, dan kegiatan tahunan yang didukung oleh tenaga pengajar dan pembimbing alumnus pesantren, hafidhoh, dan lulusan Strata 1 dan Strata 2. Diantara kegiatan harian santri senin – jumat yaitu shalat berjamaah, mengaji Al-Qur’an (bin nadzi maupun hafalan), sekolah Dikdas, Madrasah Diniyyah, muroja’ah dengan pembimbing, melipat baju dan belajar. Untuk hari Ahad, santri memiliki kegiatan khusus yaitu menonton film, senam / jogging / maqbaroh, kerja bakti, dan telpon 2 minggu sekali. Sedangkan untuk sambangan santri dilakukan 1 bulan sekali (setiap ahad pertama awal bulan masehi). Dan santri mendapatkan liburan 2 kali dalam satu tahun sesuai denan jadwal liburan dari Dikdas.

Santri-santri MTPA selain memperoleh bimbingan dari tenaga pengajar yang mumpuni juga mendapatkan layanan telepon, layanan uang saku, laundry, kantin, catering, dan antar jemput sekolah. Beberapa syarat pendaftaran bagi santri MTPA diantaranya anak berusia 6,5 s/d 8 tahun, sehat jasmani dan rohani, mandiri serta tidak mengompol, memiliki tekad menghafal dan didukung oleh orang tua santri, bersedia tinggal di asrama dan mematuhi peraturan, bersedia mengikuti tes karantina. Untuk materi tes yaitu baca tulis Al-Qur’an, hafalan dan daya ingat, serta kemandirian dan psikologi. Sedangkan biaya pendaftara masuk yaitu Rp. 5.150.000,-. Dan waktu pendaftaran dibuka dua gelombang, gelombang I (Februari-April) dan gelombang II (April-Mei).