Siamo Tutti Fratelli, pasti tidak asing dengan kalimat ini. Kalimat legendaris dengan bahasa Italia yang digalakkan oleh kawan-kawan Palang Merah. Siamo Tutti Fratelli yang artinya kita semua bersaudara, diperkenalkan oleh Henry Dunant salah satu pendiri Palang Merah Internasional.

Kalimat yang terasa full humanity tersebut diucapkan oleh Sir Henry Dunant untuk membangkitkan semangat serta membuka mata hati para sukarelawan yang diterjunkan dalam misi penyelamatan korban perang antara Perancis dengan Austria di daerah Solferino, Lambordi pada tahun 1859. Tujuannya yaitu agar para relawan dapat  memberikan pelayanan semaksimal mungkin kepada semua korban perang, tanpa harus membeda-bedakan kawan maupun lawan.

Palang Merah adalah organisasi yang bergerak di bidang kemanusiaan dan sosial. Di Indonesia sendiri, Palang Merah lahir sejak zaman penjajahan Belanda. Setelah Jepang hadir,  Palang Merah dibubarkan. Kemudian pada awal kemerdekaan, atas perjuangan para pejuang bangsa, Palang Merah Indonesia (PMI) resmi lahir pada tanggal 17 September 1945 tepat satu bulan setelah hari kemerdekaan.

PMI selalu mempunyai tujuh prinsip dasar Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah yaitu kemanusiaan, kesamaan, kesukarelaan, kemandirian, kesatuan, kenetralan, dan kesemestaan. Peran PMI adalah membantu pemerintah dalam bidang kemanusiaan dan sosial. Terutamanya tugas kepalangmerahan yang dipersyaratkan dalam ketentuan Konvensi Jenewa 1949. Tugas ini telah dikonstitusikan oleh pemerintah Indonesia pada tahun 1958 melalui UU No 59. PMI merupakan satu satunya organisasi perhimpunan nasional yang menjalankan tugas kepalangmerahan.

PMI telah memberikan contoh dan mewadahi ruang untuk kita yang ingin bergabung dan bergerak di bidang kemanusiaan dan sosial. Kegiatan seperti donor darah yang tiap bulan rutin diadakan oleh PMI pada kegiatan kampus, sekolah, dan masyarakat adalah bukti nyata bahwa ada bagian tubuh yang mungkin kita anggap sepele ternyata begitu berharga dan dibutuhkan oleh orang lain.

Selamat Hari Palang Merah Indonesia, kita semua bersaudara!

Oleh: Alifia Dityasari

Sumber:

Foto: beritasatu.com

Leave a Comment