Workshop Mitigasi Bencana: Gempa Bumi

Diposting pada 51 views

Pada hari Sabtu (09/09/2023) dilaksanakannya acara mitigasi bencana dalam rangka Harlah ke-34 Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Q. Acara dimulai pada pukul 13.00 hingga selesai, bertempat di mushola aula MTPR Pajangan, Bantul. Dihadiri oleh siswi-siswi MTs TQ dan siswi-siswi MA TQ El-Muna Q.

Dalam acara mitigasi bencana tersebut, terdapat 2 narasumber yang mengisi. Yakni pak H. Sutrihana yang merupakan ketua dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul, dan H. Rahim yang merupakan salah satu anggota LPBI NU Yogyakarta.

Selama acara mitigasi bencana berlangsung, siswi-siswi MTs TQ dan MA TQ didampingi kak Siti Shofia Latifa dan beberapa panitia yang berasal dari komplek Q. Acara mitigasi bencana tersebut dibuka oleh kak Shofia dengan sebuah pantun. Dilanjutkan dengan penjelasan apa itu bencana?, apa itu gempa?, kenapa bisa terjadinya gempa?, dan bagaimana caranya menyelamatkan diri dari gempa.

Baca Juga:  Harlah Komplek Q Ke-34: Pemotongan Pita sebagai Simbolis Pembuka Acara

Setelah pemaparan penjelasan materi tersebut, acara dilanjutkan dengan menonton cuplikan film yang berisi tentang bagaimana caranya menyelamatkan diri dari gempa saat berada di gedung atau ruangan yang tertutup. Film selesai, dilanjut simulasi menyelamatkan diri dari gempa saat berada di gedung atau ruangan tertutup oleh siswi-siswi MTs TQ dan MA TQ. Acara terakhir yakni penyerahan kenang-kenangan dan foto bersama dengan narasumber, dan kemudian penutupan.

Tujuan dilaksanakannya acara mitigasi bencana tersebut adalah agar siswi-siswi MTs TQ dan MA TQ mengetahui bagaimana caranya menyelamatkan diri saat gempa terjadi. Selalu siap, tanggap, tangguh dimanapun berada saat menghadapi berbagai bencana termasuk gempa. Dan yang terakhir, agar bisa membantu orang dengan menjelaskan caranya menyelamatkan diri dari gempa dan bencana lainnya.

 

Pewarta: Calista dan Jilan (Siswi MTs TQ)

Dokumentasi Pribadi