Hari Kanker Sedunia 2021 : I Am and I Will.

Posted on 1 views

Hari ini, 4 Februari 2021 kembali diperingati sebagai Hari Kanker Sedunia. Sejak pertama kali diperingati sebagai Hari Kanker Sedunia pada tahun 2000 yang lalu, ia telah tumbuh menjadi gerakan yang positif bagi semua orang untuk bersatu dalam menghadapi kanker. Misalnya saja gerakan #NoHairSelfie pada tahun 2016 hingga berbagai sosialisasi mengenai cara deteksi dini maupun berbagai langkah pencegahan dari penyakit kanker.

Hari Kanker Sedunia ini, bermula dari inisiatif pemersatu global yang dipimpin oleh Union for Internasional Cancer Control (UICC). Tujuan utamanya adalah untuk menurunkan jumlah pasien kanker yang meninggal dunia. Karena lebih dari 40% dari semua penyakit kanker sebanarnya dapat dicegah.

Hari Kanker Sedunia 2021

Meskipun merayakan Hari Kanker Sedunia dalam kondisi pandemi Covid-19, tema Hari Kanker Sedunia pada tahun ini masih sama dengan 2 tahun sebelumnya, yaitu I Am and I Will. Tema ini diartikan sebagai komitmen dalam diri sediri untuk melakukan tindakan. Adapun sub tema yang diambil adalah Together, all our actions matter, tersemat harapan bahwa pada tahun 2021 ini masyarakat bisa bersama-sama melakukan suatu tindakan positif karena semua tindakan kita berampak pada orang di sekitar kita.

Baca juga

Ada sebuah kegiatan menarik juga lho, yaitu Tantangan 21 Hari atau 21 Days to Impact Challenge. Untuk panduan lengkap cara mengikutinya kalian bisa cek di https://www.worldcancerday.org/21DayChallenge kemudian pilihlah salah satu dari lima tantangan, mendaftar, dan tunggulah karena kalian akan dapat surat cinta melalui email.

So, sekecil apapun tindakan positif yang kita lakukan, lakukanlah. Sebab sesuatu yang besar selalu dimulai dari hal-hal yang kecil. Tetap jaga kesehatan, semoga kebaikan selalu menyertai hari kita semua.

Selamat Hari Kanker Sedunia!

Oleh : Desi Nur Istanti

Photo by Angiola Harry on Unsplash

Sumber :

dinkes.bulelengkab.go.id

tirto.id

worldcancerday.org

tirto.id

health.detik.com