World Health Day atau Hari Kesehatan Dunia dirayakan setiap 7 April. Perayaan ini untuk menandai didirikannya organisasi kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO) alias Organisasi Kesehatan Dunia pada 1948.

Pada 1948, WHO mengadakan sidang Majelis Kesehatan Dunia untuk pertama kali. Pada sidang itu, majelis memutuskan merayakan 7 April sebagai Hari Kesehatan Dunia yang dirayakan pertama kali pada 1950.

Organisasi Kesehatan Dunia merupakan badan khusus milik Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang bekerja untuk mengatasi kesehatan masyarakat internasional. WHO berkantor pusat di Jenewa, Swiss, dengan berbagai kantor semi-otonom dan 150 kantor lapangan di seluruh dunia.

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi semua manusia karena tanpa kesehatan yang baik, manusia akan sulit dalam melaksanakan aktivitasnya sehari-hari. Menjadi pribadi yang sehat tentu merupakan hak setiap orang. Sayangnya, sejak adanya pandemi Covid-19  dan beberapa faktor, kesehatan menjadi lebih sulit diraih bagi sebagian orang.

Menurut WHO, dalam situasi pandemi ini, ada beberapa kelompok masyarakat yang berjuang untuk memenuhi kebutuhan dengan sedikit pendapatan harian, memiliki kondisi perumahan dan pendidikan yang lebih buruk, lebih sedikit peluang kerja, mengalami ketidaksetaraan gender yang lebih besar, serta memiliki sedikit atau tidak ada akses ke lingkungan yang aman, air dan udara bersih, ketahanan pangan dan layanan kesehatan. Hal ini mengakibatkan kondisi kesehatan masyarakat dunia tidak menjadi timpang.

Berkaitan dengan hal itu, WHO memberikan tema Hari Kesehatan Internasional 2021 yaitu “Building a fairer, healthier world” (membangun dunia yang lebih adil dan lebih sehat). Di laman resminya WHO mengatakan 

“WHO berkomitmen untuk memastikan bahwa setiap orang, di mana pun, dapat mewujudkan hak atas kesehatan yang baik,” 

Terlepas dari komitmen yang diberikan oleh WHO untuk meningkatkan kesehatan dunia, kita sebagai manusia harus menjaga anugerah kesehatan yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa sebagai wujud rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan. Hal itu bisa diimplementasikan dengan menjaga pola makan serta gaya hidup yang sehat. Dengan menjaga kesehatan pribadi dan lingkungan sekitar, kita sudah satu langkah ikut membangun dunia yang lebih sehat.

Selamat Hari Kesehatan Internasional!

Oleh: Dewi Habibatul

Sumber: 

kalderanews.com

promkes.kemkes.go.id

Pictured by sketzhbook.com

Leave a Comment