Santri PP Al Munawwir Komplek Q berkesempatan mengunjungi Grahatama Pustaka dalam acara bertajuk Library Tour peringatan hari lahir Perpustakan El-Muna Q yang ke-28 pada hari Ahad (27/1). Gedung perpustakan sebagai institusi yang mampu memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi bagi masyarakat luas. Perpustakan ini bersifat umum, sehingga bagi siapa saja baik anak anak, dewasa, maupun orang tua bisa mengaksesnya.

Berbagai rangkaian acara disusun demi kelancaran kunjungan ke Grahatama Pustaka  yang berada di Jalan Janti no.344 Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Berbagai kegiatan diberikan kepada peserta, mulai dari menonton bioskop 2D, keliling perpustakan, dan menonton cinemax 6D. Kedatangan rombongan santri ini disambut baik oleh petugas yang akan mendampingi dan menjadi guide. Kunjungan ini bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan dan segala informasi terkait perpustakan.

Kegiatan pertama adalah menonton bersama di sebuah ruangan bioskop 2D. Filmu yang dipilih adalah “Anggar Kinasih”, sebuah judul film yang berhasil membuat pipi sembab 27 santri yang mengikuti kunjungan tersebut. Setelah menonton, kegiatan dilanjutkan dengan keliling perpustakan. Didampingi oleh 2 petugas sebagai tutor penyampai informasi, peserta mendapatkan pengetahuan mengenai berbagai hal, dari ruangan baca, koleksi buku yang masih baru hingga buku langka yang sudah dicetak lagi baik dalam bentuk buku maupun digital, tata cara masuk perpustakan, dan cara membuat kartu anggota. Perpustakaan terbesar di Jogja ini juga memberi pelayanan bagi pengunjung difabel seperti komputer bicara, buku bacaan khusus difabel, dan ruang baca yang memadai.

Setelah mengelilingi 3 lantai perpustakaan, kegiatan dilanjutkankan dengan menonton cinemax 6D. Santri dibagi menjadi 3 kloter ketika memasuki ruangan dan cinemax yang ditonton berhasil membuat pecah dengan teriakan histeris dan memuaskan para peserta kunjungan.

Terik matahari di atas gedung menandakan waktu kunjungan hampir selesai. Ucapan terimakasih yang sebanyak-banyaknya dari para santri atas kesempatan kunjungan ke perpustakaan. Kunjungan ini selain mendapatkan pengetahuan juga sekaligus sebagai sarana rekreasi yang memuaskan. Dengan begitu, kemanfaatan ilmu yang didapat akan membawa berkah pada harlah Perpus El-Muna Q. Semoga kedepannya semakin maju, dan dapat menjadi wadah untuk manambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

oleh : Fika

Leave a Comment