Kamis malam Jumat(19/9), seluruh santri komplek Q berkumpul di Musala Barat untuk mengikuti Muqoddaman dan pembacaan shalawat dalam rangka Harlah ke-30 Komplek Q. Harlah ke-30 Komplek Q ini terdiri dari beberapa rangkaian acara yang telah resmi dibuka pada 8 September lalu. Acara muqoddaman dimulai dengan pembacaan yasin dan tahlil kemudian dilanjutkan jamaah shalat isya’.

Muqoddaman merupakan kegiatan membaca Alquran yang dilakukan dalam kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 10 santri. Masing-masing kelompok membaca satu juz. Adapun pembacaan shalawat nariyah dilakukan oleh santri yang sedang uzur/berhalangan. Selesai muqoddaman dilanjutkan dengan pembacaan shalawat munjiyat. Muqoddaman dan pembacaan shalawat ini dilakukan dalam rangka menuju puncak Harlah ke-30 Komplek Q pada 22 September mendatang. Semoga dengan pembacaan ayat-ayat Alquran dan shalawat ini acara berlangsung sukses dan lancar. Tidak hanya itu, pembacaan shalawat juga ditujukan untuk keberlangsungan pembangunan gedung baru Komplek Q. Semoga proses pembangunan berjalan dengan lancar dan membawa keberkahan.

Usai muqoddaman dan pembacaan shalawat ditutup dengan do’a yang dipimpin oleh Hana Nur Baety dan dilanjutkan dengan makan bersama.

Oleh: Asmak Anisah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *