Santriwati Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Q yang sudah mendaftarkan diri untuk mengikuti program Tahfiz melaksanakan ujian hafalan gelombang pertama pada hari Sabtu, 20 Juli 2019 di Aula Komplek Q.

Ujian gelombang pertama ini diikuti oleh 17 santri yang diuji oleh dua alumni komplek Q, yakni Ustadzah Firda Mirnawati dan Ustadzah Faila Shufa.

Kegiatan ujian ini dimulai pada pukul 09.30 WIB dan berakhir pada pukul 11.00 WIB. Selain 17 santri yang mengikuti ujian, masih tersisa 23 santri yang belum mengikuti ujian dikarenakan beberapa halangan. Ujian gelombang pertama akan dilanjutkan esok hari dengan jumlah peserta 7 santri dan akan diuji oleh Ustadzah Zulaikha. Selebihnya akan mengikuti ujian pada gelombang berikutnya.

 “Sebelum ujian, rasanya lama banget nunggunya, tapi pas waktunya tiba, rasanya ya seneng juga deg-degan mbak. Pas ujian, nervous pasti ada ya mbak, namun kita sebagai peserta dituntut untuk menguasai rasa grogi karena grogi bisa mengganggu konsentrasi, jadi kita harus fokus biar kita dapat membaca dengan baik di depan penguji.” Ucap Tasya Nailul Fikriya.

Tasya Nailul Fikriya, salah satu peserta ujian tahfiz yang kini sedang kuliah S2 di Universitas Islam Indonesia sudah menunggu ujian sejak tahun 2018 dan tahun ini ia mendapatkan kesempatan untuk mengikuti ujian yang ditunggunya.

Salah satu penguji Tahfiz, Ustadzah Firda Mirnawati berpesan kepada seluruh santri yang mengikuti tes, bahwa tidak ada kata terlambat untuk memulai niat baik apapun. Sekalipun banyak tantangan, kalau sudah diniati tulus Lillahi Ta’ala, insya Allah lancar.

 

Oleh: Ayu Ismatul M

Leave a Comment