Senin (3/2), mengiringi rangkaian Semarak Haul, PP. Al Munawwir Komplek Q gelar Haflah Khotmil Qur’an Madrasah Tahfidz Putri Anak (MTPA) dan Santunan Anak Yatim. Acara dilaksanakan pada malam hari di halaman PP. Al Munawwir Komplek Q.

Sesi pertama yaitu Santunan Anak Yatim dari Majlis Ta’lim An Nisa Krapyak Wetan. Santunan diserahkan langsung oleh Ibu Nyai Hj. Ati Luthfia Baiti—sebagai perwakilan pengasuh—kepada anak-anak. Dilanjutkan dengan prosesi foto bersama dengan anak-anak dan guru pembimbing. Harapannya, walaupun sedikit, dapat memberikan kebermanfaatan.

Berganti dengan sesi kedua yaitu Haflah Khotmil Qur’an MTPA. Acara ini dimulai dengan pembukaan, kemudian sambutan oleh Nyai Hj. Ati Luthfia Baiti.

“Haflah Khotmil Qur’an tahun ini dikhususkan bagi santri MTPA, agar panggung sungguh menjadi milik mereka. Harapannya mereka semua dapat menjadi anak-anak dengan pribadi yang baik, berakhlak Qur’an dan bermanfaat fiddini waddunya wal akhirah“, tukas Ibu Baiti.

Kemudian dilanjutkan dengan prosesi Khotmil Qur’an oleh 26 khotimat juz 30, 1 khotimat 5 juz, dan 1 khotimat 10 juz. Seusai itu, pembacaan doa Khotmil Qur’an oleh Ibu Nyai Hj. Durroh Nafisah Ali—Pengasuh Komplek Hindun-Beta. Selanjutnya pengalungan samir oleh Ibu Nyai Hj. Khusnul Khotimah Warson dan Ibu Nyai Hj. Ida Fatimah Zainal, disusul dengan prosesi foto bersama.

Hiburan dalam acara ini selain Hadroh Tsamrotul Muna, juga ada pentas seni dari MTPA. Penampilan dalam pentas tersebut diawali dengan kesenian angklung, tari saman, dan diakhiri dengan pembacaan amanah serta puisi.

Oleh: Desi Nur Istanti

Leave a Comment