MI Tahfidz El Muna Q berhasil mendapatkan nilai A dalam akreditasi sekolah tahun 2019. Ini merupakan akreditasi pertama bagi MI Tahfidz El Muna Q. Walaupun demikian, hasilnya sangat memuaskan.

Meskipun usianya masih sangat muda, namun sekitar akhir tahun 2018 Kepala Madrasah – Laily Fauziyah, M.Pd.I. – mendapat informasi dari Kanwil bahwa MI Tahfidz El Muna Q masuk ke dalam daftar sekolah yang ikut dalam akreditasi 2019 sehingga diperlukan persiapan yang tidak sedikit. Dari madrasah membentuk tim akreditasi yang mana akan mengerjakan 8 standar untuk akreditasi. Tanggung jawab setiap standar diberikan kepada 1-2 guru.

Dalam pelaksanaannya, kerjasama tim akreditasi sangat dibutuhkan. Meskipun setiap guru mempunyai tanggung jawab masing-masing, namun mereka harus tetap saling membantu. Tak jarang para guru lembur di sekolah sampai malam. Selain itu, para guru juga aktif bertanya kepada sekolah lain yang pernah diakreditasi.

Akreditasi berlangsung pada tanggal 9 – 10 Mei 2019. Meskipun pelaksanaannya bertepatan dengan bulan Ramadan, namun tidak menghalangi jalannya proses akreditasi. Pengasuh senantiasa mendukung dan mendoakan serta memberikan semangat bagi para guru.

Setelah melewati proses dan penilaian yang beragam, akhirnya pada hari Senin (18/11) secara resmi Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) mengumumkan bahwa MI Tahfidz El Muna Q mendapatkan nilai akreditasi A. Menurut salah satu guru, mereka sangat bersyukur sebab kerja kerasnya membuahkan hasil yang memuaskan.

Oleh: Januika Setyawati

Editor: Anu’ma Syifaus S.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *