Ahad (15/12) Komplek Q mengadakan acara Seminar Kesehatan Reproduksi dan Mengolah Sampah Menjadi Rupiah yang diikuti oleh beberapa santriwati Komplek Q.

Acara yang berlangsung mulai pukul 08.00 WIB di Musala Barat ini menghadirkan dua narasumber, yaitu Unala—Layanan Kesehatan Reproduksi Ramah Remaja dan Ibu Eni Kartika Sari—Pengasuh Pondok Pesantren Al Munawwir Komplek IJ.

Acara ini dibuka oleh Afidatul Lathifah sebagai pembawa acara dan dilanjutkan sambutan dari Iltizamatul Labibah selaku ketua panitia. “Terima kasih kepada santriwati yang telah hadir dan meluangkan waktunya dalam acara seminar ini.” tuturnya.

Materi pertama mengenai Mengelola Sampah Menjadi Rupiah yang disampaikan oleh Ibu Eni Kartika Sari, M.Sc. Dalam menyampaikan materi, Ibu Eni menjelaskan bahwa pesantren merupakan salah satu penyumbang sampah terbesar tanpa disadari. Dengan demikian, santri perlu diedukasi bagaimana sikap dan apa yang harus dilakukan dalam pengolahan sampah sehingga tercipta lingkungan yang bersih.

Dilanjutkan materi kedua, yakni mengenai kesehatan reproduksi yang disampaikan oleh Dr. Yos Medito dari Unala. Kegiatan ini sangat penting sebagai titik awal untuk melahirkan bibit-bibit yang unggul sehingga dapat menciptakan remaja yang bertanggung jawab terhadap apa yang harus dijaga dalam dirinya. Beliau juga menjelaskan tentang perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Diakhir materi, beliau mengajak santri untuk menjaga kesehatan sedini mungkin terutama yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi.

Usai pemaparan materi, santri mendapatkan pemeriksaan kesehatan gratis dari Unala. Seminar ini berjalan dengan baik. Didukung dengan dua narasumber yang mumpuni serta keaktifan para santri untuk bertanya guna memperoleh lebih banyak ilmu dari kedua narasumber.

Oleh: Novia Purnama S.

Leave a Comment