Menjelang acara puncak Harlah ke-30 Komplek Q seluruh santri melakukan Maqbaroh Akbar pada hari Sabtu, 21 September di makam Dongkelan. Maqbaroh kali ini lebih istimewa karena selain diikuti oleh seluruh santri juga dihadiri oleh pengasuh, Ibu Nyai Hj. Khusnul Khotimah Warson beserta keluarga dan Kepala Madrasah Salafiyah III, Bapak Agus Najib.

Seluruh santri telah berkumpul di makam pukul 06.30 WIB. Kegiatan diawali dengan membaca asmaul husna. Maqbaroh ini dipimpin oleh Ustaz Agus Najib dengan membaca tahlil yang dikhususkan untuk Bapak KH. A. Warson Munawwir. Kegiatan ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Ustaz Agus Najib pula. Suasana sangat khidmat dan seluruh santri terlihat khusyuk.

Pada maqbaroh kali ini selain dihadiri oleh Ibu Nyai dan Ustaz Agus Najib, juga dihadiri oleh kedua putra putri Bapak beserta menantu, yaitu Gus Nanang, Ibu Aina, Gus Kholid, dan Ibu Bety. Usai maqbaroh akbar, seluruh santri kembali ke pondok untuk melanjutkan kegiatan yaitu ro’an akbar. Ro’an akbar ini dilakukan dengan membersihkan pondok secara bersama-sama.

Oleh: Asmak Anisah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *